Desa Batetangnga Dinilai Paling Maju, Jadi Desa Percontohan

MAMUJU, koridor.id – Hadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Batetangnga ke 61 Tahun, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik dorong Desa Batetangnga Kecamatan Binuang jadi Desa percontohan. Senin 16 Januari.

Akmal Malik mengatakan, Desa Batetangnga adalah Desa yang cukup maju dilihat dari beberapa indikator pada data presisi 208 parameter analisis yang dilakukan dimana rumah tidak layak huni di Batetangnga hanya ada lima dari sekira 2000 rumah yang ada.

“Ini berarti masyarakat di Batetangnga cukup maju dan tingkat Pendidikannya juga relatif maju, relatif sedikit masyarakat yang tidak punya Ijazah dan menurut saya inilah gambaran Desa yang perlu dikembangkan kedepan,”terang Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Potensi Desa ini sangat luar biasa apalagi sudah ada usaha produksi air minum kemasan yang apabila dikolaborasikan dengan perusahaan yang sudah punya nama akan berdampak baik. Apalagi pasar kita di Kalimantan membutuhkan air.

Ia berharap anak muda di Batetangnga dapat didorong menjadi pemuda yang kreatif dan berinovasi karena tenaga muda bisa menjadi modal dan juga bisa jadi ancaman itulah tantangan nya.

“Potensi anak muda ini kita akan lakukan challenge dan daerah ini cukup agamais dan di Pemprov Sulbar punya program didikan subuh se Sulbar, kita akan ajak Desa ini untuk masuk dalam didikan subuh,” jelas Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Ia berharap potensi pemuda dan potensi sumberdaya alam yang ada di Desa ini bisa membuat Desa ini lebih maju lagi, “kami ingin menjadikan Desa Batetangnga sebagai percontohan ketika sudah ada data akan dilakukan upaya untuk menuntaskan persoalan yang masih ada seperti masih terdapat lima rumah yang perlu dibedah.” jelas Akmal Malik.

Salah satu tokoh Masyarakat Batetangnga Prof Husain Syam mengatakan, perkembangan pembangunan di Batetangnga di usia ke 61 tahun sudah mengikuti perkembangan yang ada dan mengikuti era tehnologi saat ini serta pemanfaatan potensi yang ada berjalan dengan baik sehingga progres kemajuan hasilnya terlihat baik di Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata.

“Semua sektor ini bisa memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakatnya, ini adalah momentum untuk dijadikan semangat baik masyarakat dan Pemerintah untuk selalu lebih baik dalam bekerja dalam memberi layanan,” jelas Prof Husain Syam.

Lanjutnya, kata pak Gub Jagan ada dusta diantara kita agar pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Kepala Desa Batetangnga Sumaila Damang mengatakan, ia bersyukur di usia ke 61 tahun ini Batetangnga menjadi Desa yang rukun dan banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat yang mengabdi di dunia pendidikan, pemerintahan dan lainnya baik di Sulbar maupun di daerah lainnya.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *