Penas di Padang, Pangerang Rahim dan Erna Rasyid Dorong Kemajuan Pertanian Parepare

Hadiri Penas di Padang, Pangerang Rahim dan Erna Rasyid Taufan Dorong Pertanian Parepare Makin Maju PADANG, koridor.id— Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, bersama Ketua TP PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menghadiri pembukaan Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 di Lapangan Lanud Sultan Syahril, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Turut hadir, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare, Wildana, para Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan se-Parepare, dan petani maupun kelompok tani perwakilan dari empat Kecamatan di Parepare.

Penas di Padang dibuka resmi oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, mewakili Presiden Joko Widodo.

Kegiatan diisi dengan beragam kegiatan dari para petani dan nelayan, seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestry, Expo Peternakan, Temu Teknologi, Temu Agribisnis, dan kegiatan lainnya.

Penas XVI kali ini dihadiri 53.000 peserta dari seluruh Indonesia. Turut hadir di antaranya kepala daerah dan pejabat dari Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, termasuk Parepare. Penas berlangsung enam hari, mulai 10 hingga 15 Juni 2023.

Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo saat membuka kegiatan mengatakan, momentum ini memang sangat dia ditunggu, karena dia ingin bertemu langsung dengan para petani dan nelayan di Indonesia. “Datang ke sini memang saya tunggu-tunggu, ingin bertemu dengan para petani dan nelayan,” kata mantan Gubernur Sulsel ini.

Sementara Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengaku bersyukur bisa hadir pada pembukaan Penas di Padang.

“Alhamdulillah, saya bisa hadir, suasananya bagus dan sangat maju. Mudah-mudahan kehadiran kita bersama beberapa Kepala OPD dari Kota Parepare, serta anggota Kelompok Tani Nelayan dapat menyerap ide dan teknologi sehingga bisa diaplikasikan pada pertanian di Kota Parepare,” harap Pangerang.

Ketua TP PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan (Erat) mengakui, pertanian di Parepare sudah cukup maju. Dia berharap para petani yang mengikuti Penas, tidak lupa berdoa dan puji kebesaran Allah, karena segala sesuatu datangnya dari Allah.

“Sungguh Allah yang menumbuhkan butir (padi-padian) dan biji (kurma). Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Itulah (kekuasaan) Allah, maka mengapa kamu masih berpaling,” kutipan surah Al-An’aam ayat 95 yang dijelaskan Erna Rasyid Taufan.

Ketua DPD II Partai Golkar Parepare ini berharap, peserta Penas yang mewakili Parepare mendapat Ilmu yang berkah dan bisa dibawa pulang untuk pertanian dan masyarakat Parepare.

“Dan dengan ketakwaan penduduknya, semoga Allah menurunkan keberkahan dari atas langit dan dari bumi,” harap Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Sulsel ini.

Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana menambahkan, Parepare di Penas kali ini mengirimkan 16 petani, empat koordinator kecamatan, tiga tim peninjau, dan satu kepala penyuluhan.

“Semoga tambahan pengetahuan dan wawasan yang didapatkan di Penas, dapat berkontribusi memajukan pertanian Parepare,” tandas Wildana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *