Baju Rancangan Istri Wali Kota Parepare Dipamerkan di Hadapan Saudagar Muslim se-Indonesia

Koridor.id, MAKASSAR – Baju bertema etnik Islami, hasil rancangan Ketua Dekranasda Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan dipamerkan dalam acara Expo ISMI 2023.

Peragaan busana dalam kegiatan fashion show dengan model para Pengurus Dekranasda Parepare yang berlatar belakang Lurah, Camat, hingga Kepala Dinas ini ditampilkan di hadapan para Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) di Sandeq Ballroom Claro, Kota Makassar, Selasa, 4 Juli 2023.

Dalam fashion show tersebut, sejumlah hasil rancangan Erna Rasyid Taufan yang juga Pembina Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) menunjukkan model wanita dan pria menggunakan kain bahan tenun Tana Toraja dan modifikasi kain dengan aksesoris kerang hasil limbah laut Parepare.

Erna Rasyid Taufan mengatakan, kali ini pihaknya menampilkan ciri khas Parepare yaitu limbah Kerang yang didaur ulang dan dimodifikasi sekreatif mungkin sehingga tampil elegan.

“Di Parepare banyak limbah Kerang, maka itu saya ingin mendesain lalu saya mencoba memadukan limbah Kerang dan tenun asli Tana Toraja, hasilnya karya itu jadi busana muslim”, ungkap Desainer Nasional asal Parepare ini.

Selain itu, pameran tersebut dimeriahkan juga dari berbagai Kota/Daerah yang menampilkan hasil karya kreatif desain dengan ciri khas daerahnya tersendiri. Seperti Kabupaten Wajo yang menampilkan pakaian dari bahan kain sutera, dari Kota Makassar pamerkan Songkok Recca.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa stand yang menyediakan makanan dan minuman yang di olah dari hasil buatan dari daerahnya masing – masing. Sehingga mendapatkan nilai jual yang bersaing dalam bidang usaha khusunya produk – produk dalam negeri.

Selama ini yang dilakukan Wakil Ketua Dewan Pembina MUI Parepare, Erna Rasyid Taufan ini sudah melakukan pelatihan – pelatihan kepada para Pengurus PKK, baik di Kota Parepare, Kota Makassar maupun di luar Provinsi untuk giat dalam berkarya menggunakan bahan asli dari daerahnya masing – masing.

“Saya sudah melakukan pelatihan – pelatihan di berbagai daerah, seperti di Makassar maupun dari luar Provinsi Sulsel. Pelatihan itu, saya diseminasikan kepada ibu – ibu untuk membuat karya dari bahan ciri khas daerahnya supaya bernilai ekonomi”, tambah Ketua DPD II Golkar Parepare ini.

Sembari pameran berlangsung, di tempat yang sama rangkaian kegiatan berlangsung pula rangkaian Silaturahmi Bisnis Nasional (SILABIS) yang berbentuk talkshow, dibawakan langsung oleh Ketua ISMI, Ilham Akbar Habibie (anak pertama B.J Habibie dan Ainun).

Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG), ERAT sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa yang dipamerkan melalui fashion show di peragakan oleh para model tersebut sudah ditampilkan di berbagai wilayah bahkan luar negeri.

“Desain yang saya pamerkan di fashion show ini, sudah pernah dipamerkan di luar daerah bahkan di negara lain. Seperti di Jakarta, Jogjakarta. Luar negeri yaitu di Malaysia itu di Johor, Brunei Darussalam, dan terakhir di Turki”, pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *