Porseni VI PGRI Sulsel di Soppeng, Parepare Turunkan Ribuan Peserta Defile Ajak ke Kota Cinta

Koridor.id, SOPPENG — Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke VI Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng, berlangsung meraih.

Porseni dibuka resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof Unifah Rosyidi MPd dan Ketua PGRI Sulsel Prof Hasnawi Haris MHum di Stadion H Andi Wana Soppeng, Senin, (24/7/2023).

Catatan panitia, sekitar 54.400 orang tumpah ruah di Stadion H Andi Wana saat pembukaan Porseni. Sejumlah kepala daerah dan pejabat teras Sulsel hadir.

Kontingen Kota Parepare saat defile menarik perhatian. Itu karena mengusung konsep unik dan kreatif, serta ajakan ke Kota Cinta Habibie Ainun, branding Parepare selama dipimpin Wali Kota Dr HM Taufan Pawe.

Yang mengejutkan, rombongan defile Kontingen Parepare membeludak hingga lebih dari 1.000 orang dari rancangan awal hanya 600 orang. Karena itu, Parepare menjadi salah satu kontingen dengan rombongan defile terbanyak selain Bone, tuan rumah Soppeng, Wajo, dan Sidrap.

Ketua PGRI Parepare HM Makmur SPd MM mengaku terharu sekaligus terkejut dengan banyaknya anggota rombongan defile Parepare. “Tadinya sebelum memasuki stadion, kami hanya menyiapkan 600 orang, dari guru-guru TK, SD, dan SMP. Namun begitu memasuki stadion, bergabung rombongan dari SMA, SMK sekitar 300 orang lebih, jadinya rombongan defile kita sekitar 1.000 orang lebih. Tapi Alhamdulillah, meskipun banyak, rombongan defile Parepare tetap tertib,” ungkap Makmur yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare.

Makmur pun mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa tuan rumah terhadap kontingen Parepare.

Saat tiba, Kontingen Parepare yang dipimpin Makmur disambut dengan pengalungan bunga oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Soppeng, Hadi Indrajaya. Kemudian diterima resmi oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan H Asis Makmur, mewakili Pemkab Soppeng.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas motivasi dan dukungan kuat Bapak Wali Kota Parepare dan Ibu Ketua TP PKK Parepare saat melepas Kontingen Parepare. Karena itu kami membawa semangat cinta ke Porseni PGRI Sulawesi Selatan, sekaligus mengajak ke Kota Cinta Habibie Ainun, Parepare,” tegas Makmur.

Porseni VI PGRI di Soppeng berlangsung mulai 24 hingga 28 Juli 2023, yang diikuti kontingen dari 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

Pada Porseni kali ini, sekitar 4.117 atlet yang bertanding dan mempertandingkan cabang olah raga antara lain bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, bola voli, dan petanque.

Sedangkan cabang seni mempertandingkan paduan suara, vocal grup, nyanyi solo, tari kreasi, tari tunggal nusantara, melukis, MTQ, pengucapan ikrar guru, mendongeng, stand up comedy. Selain itu ada juga lomba kreativitas guru dengan jenjang para guru di TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SLB. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *