Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Presiden Perintahkan Menpora Perbaiki Fasilitas

Jakarta, koridor.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk memperbaiki seluruh fasilitas olahraga menjelang pelaksanaan FIFA U-20 World Cup atau Piala dunia U-20 2023. Menurut Zainudin, Indonesia sebenarnya sudah siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sejak tahun 2021.

“Tetapi karena situasi pandemi yang melanda negara kita dan negara-negara peserta FIFA World Cup Under 20, sehingga FIFA memutuskan untuk menunda sampai menunda sampai ke tahun 2023,” ujar Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 7 September 2022. 

Dari sisi fasilitas olahraga, Zainudin menyebut Indonesia juga sudah siap. Namun, karena adanya penundaan itu, sejumlah fasilitas menjadi terpakai untuk ajang olahraga lain sehingga mengalami penurunan kualitas hingga rusak. 

Perbaikan rumput hingga penerangan

Zainudin mencontohkan seperti Stadion Manahan Solo yang awalnya sudah siap menjadi vanue FIFA World Cup 2021. Tetapi karena ada penundaan, pemerintah menggunakan Stadion itu untuk Turnamen Pramusim dua kali, Turnamen Piala Menpora, Piala Presiden, kompetisi Liga Musim 2022-2023, dan terakhir digunakan untuk ASEAN Paragames. 

“Sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi sama halnya dengan stadion-stadion lainnya seperti Si Jalak Hariupat Bandung dan lain sebagainya,” kata Zainudin. 

Adapun perbaikan fasilitas olahraga itu antara lain seperti perbaikan rumput hingga penerangan. Zainudin menyebut perbaikan perlu diselesaikan sebelum Oktober 2022 karena pihak FIFA bakal melakukan pengecekan fasilitas tersebut. (*)

Artikel disadur dari Tempo. Co

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *