Berangkatkan Atlet ke Gorontalo, Percasi Parepare Tingkatkan Kualitas

PAREPARE, koridor.id — Persatuan Catur seluruh Indonesia (Percasi) Parepare melepas dua atlet junior untuk mengikuti turnamen chess team Gorontalo 2022.

Ada dua atlet yang dikirim mewakili Percasi Parepare, yaitu Muhammad Aryan Ramadhan (16) mahasiswa IAIN Parepare, dan Muhammad Hilkamul Fatik (15) siswa SMAN 3 Parepare. Keduanya dilepas Ketua KONI Parepare Dr M Nasir dan Ketua Percasi Kota Parepare Kamaluddin Kadir, di Kedai OK Jalan Alam Kota Parepare, Senin malam 12 September 2022.

“Kedua atlet ini sering kita asah potensinya. Kita rutin berlatih dua kali seminggu, yaitu malam Sabtu dan malam Minggu. Mereka dilatih oleh Pelatih Andi Muksin,” kata Ketua Percasi Kota Parepare, Kamaluddin Kadir.

Turnamen ini, lanjut Kamaluddin Kadir, sifatnya open turnamen yang digelar Percasi Provinsi Gorontalo untuk mengasah atlet junior Percasi.

“Kita utus mereka sebagai ajang latih tanding sekaligus berharap bisa berprestasi di sana,” ujar Kamaluddin Kadir yang juga anggota Komisi III DPRD Kota Parepare.

Lebih jauh, Wakil Ketua I DPC Partai Gerindra Parepare itu menjelaskan, atlet catur Percasi Parepare Fatik adalah salah satu atlet yang mewakili Sulsel di Kejurnas di Jakarta bulan Desember mendatang.

“Fatik ini juara 2 pada Kejurda Provinsi Sulsel di Masamba bulan Juli kemarin dan berhak ikut Kejurnas. Jadi, open turnamen chess team Gorontalo ini sekaligus ajang Fatik menuju kejurnas di Jakarta bulan Desember mendatang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebelumnya pada Kejurda Provinsi Sulsel di Masamba, Percasi Parepare mengikutsertakan enam atlet, dan salah satunya berprestasi dengan menjadi juara 2 di sana.

Sementara, pelatih Percasi Kota Parepare, Pelatih Nasional Pratama (PNP), Andi Muksin, mengatakan, Percasi Parepare khususnya pelatih mengapresiasi para atlet utamanya atlet junior karena junior ini diproyeksikan ke depannya menjadi atlet handal Parepare di masa mendatang.

“Salah satunya mengikuti kegiatan di Gorontalo ini adalah program jangka pendek untuk ikut Kejurnas di Jakarta bulan Desember. Dan salah satu atlet kami Fatik lolos mewakili sulsel. Fatik bersama perwakilan dari Luwu Timur,” ujarnya.

Muksin menjelaskan, tampilnya Percasi Parepare khsusunya atlet junior sudah menjadi tradisi tampil di ajang even nasional seperti Kejurnas.

“Ini sudah tradisi. Percasi Parepare sudah selalu tampil kejurnas,” ucapnya.

Tak hanya itu, Muksin mengatakan, sesuai visi misi Ketua Percasi parepare yang baru baru Kamaluddin Kadir, yaitu memfokuskan program pembinaan usia dini.

“Dan salah satu program yang sementara berjalan adalah chess goes to school. Program ini diharapkan sekolah sekolah di Parepare akan tersaring bakatnya untuk dijadikan atlet. Karena kita jaga tradisi ini,”, tegasnya.

Sebagai tambahan informasi, Percasi Parepare pada porda Pinrang tahun 2018 meraih Juara umum, yaitu mendapat tiga emas dua perak dan tiga perunggu. Semua itu 70 persen disumbang oleh atlet junior.

Sementara Ketua KONI Parepare Dr M Nasir menyampaikan dukungan penuh kepada atlet dan pengurus Percasi yang telah meluangkan waktu dan tenaga dalam memikirkan peningkatan prestasi atlet.

“Percasi sangat luar biasa, Percasi dikelola dengan baik, terbukti menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Kita sangat mendukung termasuk dari segi anggaran,” Ujarnya. (Ki1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *