Raih Gelar Doktor, Andi Sapada Dipuji Penguji

MAKASSAR, koridor.id — Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Enrekang Andi Sapada, berhasil meraih gelar doktor.

Andi Sapada menjalani promosi doktor dalam bidang Ilmu Administrasi Publik, di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Ujian terbuka ini berlangsung di Menara Pinisi UNM, Rabu 21 September 2022.

Ia sukses mempertahankan desertasinya, yang mengangkat ‘Implementasi Manajemen Perubahan di Kabupaten Enrekang.

Sidang promosi doktor dipimpin langsung oleh Rektor UNM Prof Husain Syam, sekretaris sidang sekaligus penguji internal Prof Hamsu Abdul Gani, penguji kompromtor Prof Jasruddin dan Prof Rifdan, penguji eksternal Prof Muhammad Akmal Ibrahim, penguji internal Prof Haedar Akib dan Prof Chalid Imran Musa.

Andi Sapada mengungkap sejumlah kelemahan-kelemahan dalam implementasi manajemen perubahan pemerintahan pada level sistem, level organisasi, dan level individu. Serta desain prototipe manajemen perubahan pemerintahan di Kabupaten Enrekang.

Prof Husain Syam memuji Andi Sapada sebagai birokrat yang cerdas. Bahkan, ia berani memberi nilai tertinggi diantara semua yang pernah ia uji.

“Saya sudah lama ingin cari sparing partner dalam diskusi ilmu administrasi publik, karena saya mau jadi Gubernur Sulbar. Beliau saya anggap guru. Saya bangga dan bahagia membimbing beliau,” puji Prof Husain.

Ia mengingatkan agar Andi Sapada mengimplementasikan desertasinya. Jangan berhenti sebagai sekadar karya tulis.

Bupati Enrekang Muslimin Bando turut memuji desertasi Andi Sapada. Sebab dibuat apa adanya, objektif, korektif dan solutif.

“Beliau berani mengungkapkan fakta apa adanya walau didepan Bupatinya. Ini yang langka,” tegas MB.

MB menilai Andi Sapada cocok melanjutkan karir di Kementerian Dalam Negeri. Agar bisa memberikan perubahan bagi manajemen pemerintahan pusat dan daerah.

Tak lupa Bupati menyampaikan terimakasih kepada almamaternya, UNM. Khususnya rektor, para promotor, penguji, dan para dosen Pascasarjana yang telah mengantar Andi Sapada menjadi doktor.

“Terimakasih karena membimbing SDM Enrekang meraih doktor. Bertambah lagi jasa-jasa akademisi UNM bagi Kabupaten Enrekang. Saya sendiri alumni IKIP, tak ada UNM tanpa ada IKIP,” tutup Bupati.

Sidang promosi doktor dihadiri Wakil Bupati Asman, Ketua DPRD Enrekang Idris Sadik, Sekda Enrekang Dr. H. Baba, serta jajaran pimpinan OPD, para camat, perwakilan dan pimpinan forkopimda, keluarga besar promovendus, dan para undangan. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *