Manfaatkan Teknologi, Siswa SDN 100 Salokaraja Enrekang Belajar Desain Grafis

Siswa SDN 100 Salokaraja Enrekang belajar desain grafis menggunakan aplikasi canva.

ENREKANG, koridor.id – Siswa-siswi kelas VI di UPT SDN 100 Salokaraja belajar membuat desain grafis, memanfaatkan aplikasi Canva di handphone.

Wali Kelas VI Sukardi menjelaskan, materi ini pada tahun-tahun sebelumnya sebenarnya membuat poster atau reklame di kertas gambar atau karton. Namun sudah dua tahun ini SDN 100 Salokaraja menyesuaikan materinya dengan perkembangan teknologi.

Bacaan Lainnya

Materi membuat poster lewat Canva, berkaitan dengan pelajaran di Tema 3 Tokoh dan Penemuan, dan Tema 4 Globalisasi. Siswa diminta membuat poster tentang tata tertib lalu lintas.

“Saat ini poster atau reklame sudah lebih banyak di media sosial, dan lebih efektif pula. Jadi kita latih membuat desain poster lewat handphone,” kata Sukardi.

Siswa memanfaatkan aplikasi Canva yang bisa di-download gratis. Siswa pun nampak lebih tertarik mengutak-atik desain lewat handphone masing-masing.

“Ternyata banyak yang cepat mahir membuat desain. Ini adalah bakat yang potensial dikembangkan. Sebab kemampuan desain grafis sudah menjadi kebutuhan di era 4.0 ini,” urainya.

Salah satu siswa, Fildza mengaku lebih senang belajar menggunakan media handphone. Karyanya pun tidak kalah dengan desain profesional. Padahal Ia sendiri baru beberapa bulan menekuni desain grafis. Sayangnya ia masih malu-malu mengunggahnya di media sosial.

“Belajar desain di Canva menyenangkan dan lebih menarik daripada bikin di kertas. Teman-teman juga lebih suka,” kata Fildza.

Karya-karya mereka yang sudah selesai, dikirim ke grup WA untuk dinilai oleh guru. 3 karya terbaik diunggah di media sosial resmi sekolah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *