Parepare Raih Adipura, Wali Kota Apresiasi Kinerja Baik DLH

Koridor.id, JAKARTA – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (TP) menerima penghargaan Piala Adipura 2022, kategori Kota Sedang. Ini menjadi penghargaan Adipura kelima selama Taufan Pawe memimpin Parepare.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Bacaan Lainnya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, penghargaan ini patut dikejar kepala daerah. Karena Adipura menjadi penanda Pemerintah Daerah telah berhasil dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

“Adipura adalah penghargaan kepada kota-kota yang sudah melakukan pekerjaan yang keras dari hulu ke hilir terkait pengelolaan sampah dan juga melakukan pengelolaan TPA dengan baik,” kata Menteri.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat Parepare yang telah turut berperan dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan, sehingga membuahkan penghargaan Adipura.

“Alhamdulillah, kerja-kerja kita, inovasi kita kembali mendapat pengakuan secara nasional. Kali ini karena keberhasilan kita dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan berbuah penghargaan Piala Adipura,” ungkap Taufan Pawe.

Penghargaan Adipura kelima selama masa pemerintahan Taufan Pawe ini, dia persembahkan kepada masyarakat Parepare yang telah ikut peduli berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

“Terima kasih, terima kasih semua atas kerja keras ta, DLH, semua SKPD terkait, petugas kebersihan, komunitas aktivis lingkungan dan masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Ini bukti telah tercipta kolaborasi dan kerja-kerja terintegrasi antara Pemerintah dengan masyarakat,” tegas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Kota Parepare, Budi Rusdi turut memberikan apresiasi sama. “Alhamdulillah, penghargaan Adipura ini adalah pengakuan pusat terhadap kebersihan dan pengelolaan persampahan termasuk RTH di Parepare,” ujar Budi Rusdi.

Budi mengemukakan, raihan penghargaan ini adalah bukti Wali Kota Parepare mampu menginspirasi masyarakatnya untuk membudayakan hidup bersih dan sehat. Karena atas petunjuk dan arahan Wali Kota yang intens memberi perhatian terhadap masalah kebersihan dan pengelolaan persampahan sehingga Adipura kembali diraih.

“Dan Adipura ini tidak hanya karena kerja-kerja Pemerintah semata, tetapi juga berkat partisipasi masyarakat yang telah turut memelihara, menjaga kebersihan dan mengelola persampahan. Karena itu, kami menggugah masyarakat untuk terus bersama-sama menjaga kebersihan kota kita tercinta,” pesan Budi.

Selama pemerintahan Wali Kota Taufan Pawe, Parepare lima kali mendapatkan Piala Adipura. Masing-masing pada 2015, kemudian 2016 meraih Adipura Kirana. Berlanjut 2018 dan 2019 kembali mendapatkan Adipura. Dan terakhir pada 2022 ini, atau tepat pada tahun terakhir pemerintahan Taufan Pawe pada periode kedua. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *