Diskusi Pelindo Parepare, Benahi Pelayanan Penumpang

GM Pelindo Sardi ST MM memaparkan program Pelindo dalam peningkatan pelayanan penumpang.

PAREPARE, koridor.id – PT Pelabuhan Indonesia Pelindo (persero) Regional 4 Parepare menggelar diskusi bersama sejumlah pelaku kepelabuhanan dan jurnalis dikemas dalam program ‘Selasa Menyapa’ di ruang tunggu Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare, Selasa, 16 Mei 2023.

Diskusi ini banyak mengangkat terkair pelayanan terhadap penumpang, utamanya pada saat terjadi peningkatan jumlah penumpang. Pada saat arus mudik dan arus balik hari raya Idulfitri dan Iduladha, begitu pula pada saat Natal dan tahun baru.

GM Pelindo Parepare Sardi ST MM mengatakan program Selasa Menyapa ini bulan kedua, hadir perusahaan pelayaran, KSOP, Polsek Pelabuhan, membahas peningkatan pelayanan penumpang.

“Sejumlah masukan pada diskusi ini segera direalisasikan untuk kenyamanan dan kelancaran penumpang hingga menuju ke kapal angkut,” Ungkapnya.

Salah satu yang menonjol adalah ruang tunggu yang dinilai over kapasitas pada saat musim penumpang, arus mudik dan arus balik. “Jadi kita tengah membangun tambahan kapasitas ruang tunggu yang berlantai, ini ditargetkan digunakan saat musim penumpang Nataru,” katanya.

Namun saat ini disiapkan pula ruang tunggu penumpang sementara, lahan kosong yang ada disamping ruang tunggu saat ini diatapi dan disiapkan kursi. “Jadi kapasitas ruang tunggu saat ini bisa menampung 750 orang. Bila ruang tunggu lainnya selesai maka kapasitas bisa mencapai 1.500 penumpang,” katanya.

Kapasitas lainnya yang dibenahi adalah toilet, selain menambah, juga akan dipasang tanda petunjuk menuju toilet yang terletak di beberapa titik, di bawah dan di atas ruang penumpang.

Kemudian peningkatan pelayanan tiketing, salah satunya cek in. Tempat cek in penumpang akan ditambah dan demikian pula jam durasinya. “Jadi jam cek in dimulai 4 jam sebelum jadwal kedatangan kapal, yang sebelumnya hanya 2 jam sebelum kedatangan kapal. Ini dilakukan agar penumpang tidak menumpuk atau antri panjang pada saat cek in,” terangnya. (Ki1)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *