Antisipasi Musim Kemarau, PAM Tirta Karajae Parepare Siapkan 13 Sumur Dalam

PAREPARE, koridor.id — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PAM) Tirta Karajae Kota Parepare mengaktifkan 13 sumur dalam untuk memastikan pelayanan distribusi air bersih tetap normal selama musim kemarau.

Tiga belas sumur dalam ini merupakan inisiasi Wali Kota Parepare, Taufan Pawe untuk mengatasi krisis air bersih di Parepare, terutama pada musim kemarau.

Direktur PAM Tirta Karajae Andi Firdaus Djollong mengatakan, 13 pompa sumur dalam itu diaktifkan untuk mengoptimalkan suplai sumber air baku permukaan Sungai (Salo) Karajae.

“Kita aktifkan 13 pompa sumur dalam, sebagai antisipasi suplai air Karajae selama musim kemarau,” ujar AFJ, akronim Andi Firdaus Djollong, Sabtu (20/5/2023).

PAM Tirta Karajae juga menyiapkan sistem interkoneksi yang dapat mengatur suplai air dari pompa sumur dalam ketika debit air Salo Karajae menurun.

“Sementara kita coba buat sistem interkoneksi, apabila debit air Karajae turun. Nantinya secara otomatis disuplai sumur dalam terdekat,” ungkap Andi Firdaus.

Sementara, Manajer Teknik dan Operasional PAM Tirta Karajae, Muh Rapi menjelaskan, saat ini jumlah produksi sumber air permukaan Salo Karajae masih normal di angka 180 liter perdetik.

“Produksi air Salo Karajae masih stabil dan mencukupi, walaupun ada sedikit kendala teknis di lokasi dampak banjir,” kata Rapi.

Lebih lanjut Rapi menjelaskan, secara Tehnis, 13 pompa sumur dalam yang aktif, dua di antaranya yakni sumue Dalam Laupe dan Lanyer masih menggunakan tekanan pompa level rendah serta berstatus stan-by.

Rapi menambahkan, selesainya perbaikan Instalasi Imtek 5 dan aktifnya Pompa Sumur Dalam P14 Bambu Runcing dapat mengoptimalkan distribusi air di titik tertentu dalam keadaan puncak kemarau.

“Imtek 5 itu berfungsi sebagai interkoneksi wilayah Perumnas dan sekitarnya. Sementara P14 penyuplai stabilitas IPA1 meliputi Jenderal Sudirman dan sekitarnya termasuk Minrulange,” tandas Rapi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *