Inspektur Upacara Peringatan Harla Pancasila, Wali Kota Parepare Minta Praktekkan Nilai Luhur

PAREPARE, koridor.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman depan Sekretariat Daerah (Setdako) Kantor Walikota Parepare, Kamis (1/6/2023).

Inspektur Upacara (Irup) Wali Kota Parepare, Taufan Pawe nampak mengenakan pakaian adat. Adapun Komandan upacara, Kapten Czi Zainuddin (Danramil 1405-02/Soreang).

Upacara peringatan hari lahir pancasila diikuti jajaran Pemerintah Kota Parepare mulai, Wakil Walikota Pangerang Rahim, Sekda Iwan Asaad, Ketua Tim Penggerak Parepare Erna Rasyid Taufan, unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, dan lurah.

Adapun tema upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Wali Kota Taufan Pawe, yang menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo, mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, lanjut Taufan, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” ujar Wali Kota Taufan Pawe, membacakan amat tertulis Presiden RI, Joko Widodo.

Usai pelaksanaan upacara, Walikota Parepare dua periode ini mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila, dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang telah melaksanakan dan mengikuti seluruh rangkaian upacara secara khidmat.
(***)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *