Merdeka Belajar, SMA Islam Almaarif Singosari Belajar Industri ke CV Bagus Agriseta Mandiri Kota Batu

MALANG, koridor.id – Semenjak diberlakukannya Surat Edaran Nomor 0574/H.H3/SK.02.01/2023 tentang perubahan atas keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengenai pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, seluruh sekolah diwajibkan untuk beradaptasi dalam rangka menyesuaikan kurikulum terbaru.

Ada tiga bentuk penerapan kurikulum yang dapat dipilih yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi, namun segala bentuk penerapannya tidak terlepas dari 5 prinsip yang harus diterapkan salah satunya prinsip pembelajaran yang berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

SMA Islam Almaarif Singosari merupakan salah satu lembaga pendidikan pada tingkatan menengah atas yang telah menerapkan kurikulum merdeka dengan prinsip mandiri belajar, hal ini telah mengacu pada salah satu prinsip merdeka belajar yakni penyelenggaraan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan. Dengan begitu, dari kalangan mahasiswa merancang program yang berkaitan dengan penerapan prinsip merdeka belajar yakni Kegiatan outingclass yang diarahkan untuk melaksanakan kunjungan Industri ke CV Bagus Agriseta Mandiri di Kota Batu.

Kunjungan ini merupakan salah satu gagasan dari Mahasiswa Asistensi Mengajar Dari Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Gagasan ini didasarkan pada inspirasi yang berinovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran ekonomi yang berkaitan dengan subbab manajemen.

Koordinator Mahasiswa Asistensi Mengajar dari Prodi Ekonomi, Wildan Aqil menuturkan, kegiatan outingclass yang diarahkan pada kunjungan industri ini diharapkan siswa mampu memahami proses penerapan ilmu manajemen dalam pengelolaan bisnis.

“Siapa tahu mereka berminat menjalankan usaha setelah selesai dari bangku sekolah sehingga kegiatan kunjungan ini benar-benar dimanfaatkan”, ujar Wildan Akil.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X terutama di bidang MIPA dengan total siswa sebanyak 90 siswa dari kelas X MIPA 1, X MIPA 2 dan X MIPA 3 serta didampingi oleh 6 Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang dan 6 orang tenaga pendidik SMA Islam Almaarif Singosari.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 dan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Sebelum kegiatan dilaksanakan siswa mendapatkan pengarahan di halaman SMA Islam Almaarif Singosari mengenai kunjungan industri. Rangkaian Kunjungan industri ini dimulai dari kegiatan petik apel, apel tersebut merupakan salah satu bahan produksi dari Bagus Agriseta Mandiri. Siswa hanya diperbolehkan memakan apel dengan sepuasnya namun ketika apel itu dibawa pulang akan dikenakan biaya perkilonya.

Setelah petik apel dilajutkan dengan Kunjungan ke CV Bagus Agriseta Mandiri untuk melanjutkan kegiatan, kegiatan ini terbagi menjadi 3 bagian yakni kegiatan pertama siswa diarahkan ke bagian produksi yang dipandu salah satu karyawan CV Bagus Agriseta Mandiri, selain melihat proses produksi mereka juga akan dijelaskan bagaimana proses produksi dari awal sampai akhir.

Kegiatan kedua siswa diarahkan ke bagian pengemasan, mereka tidak hanya melihat namun diberikan kesempatan untuk mengemas produk tersebut. Dan kegiatan terakhir siswa diarahkan ke ruangan workshop untuk pemaparan profil perusahaan, marketing serta pengetahuan mengenai berbagai jenis apel yang digunakan di CV Bagus Agriseta Mandiri.

Ketua Pelaksana kunjungan industri ini dipegang oleh Eka Safitri Angraini, berharap dapat memberikan manfaat kepada siswa-siswi SMA Islam Almaarif Singosari. “Semoga dengan adanya program kegiatan outingclass ini anak-anak bisa belajar mengenai pengelolaan sebuah bisnis mulai dari bagaimana cara memperoleh bahan baku, proses produksi, pengemasan, marketing, sampai tahap manajemen perusahaan dan anak-anak mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan sangat menyenangkan.” ujar Eka.

Dalam kegiatan ini seluruh siswa diberikan tugas sebagai output dari kegiatan ini mulai dari penugasan LKPD yang dikerjakan oleh seluruh kelas X MIPA 1-3 yang berkaitan dengan penerapan fungsi manajemen dan analisis unsur manajemen dalam kegiatan bisnis serta pembuatan Video kreatif yang berdasarkan rangkuman kegiatan outingclass dari masing-masing kelompok.

Sementara salah satu siswi menyampaikan kegembiraannya atas pengalaman yang didapatkan. “Saya dan teman-teman sangat senang sekali dengan adanya kegiatan outingclass ini, sehingga kita bisa belajar cara pengelolaan sebuah bisnis dilapangan. Karena biasanya dikelas kita hanya belajar secara teori, namun hari ini kita belajar secara praktik” Ujar Aulia, salah satu siswa Kunjungan industri SMA Islam Almaarif Singosari. Kegiatan outingclass ini berakhir tepat pada pukul 13.30 dengan pemberangkatan kembali menuju halaman SMA Islam Almaarif Singosari.

Penulis: Tim Mahasiswa Asistensi Mengajar Pendidikan Ekonomi UM

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *