Wali Kota Parepare Berhentikan Jabatan Sekda Iwan Asaad

Koridor.id, PAREPARE – Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe hentikan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare Iwan Asaad, pertanggal 2 Agustus 2023. Dan mengangkat Inspektur Inspektorat Kota Parepare Husni Syam sebagai pelaksana tugas harian (Plh).

Ini disampaikan Taufan Pawe di rumah jabatan Wali Kota Parepare di hadapan sejumlah jurnalis dalam konferensi pers.

Taufan mengurai, pemberhentian Iwan As’ad sebagai sekretaris daerah berdasarkan hasil rekomendasi dari tim evaluasi ASN.

“Pemberhentian saudara Sekda (Iwan as’ad). Merujuk pada hasil evaluasi jabatan Sekda yang hampir memasuki 5 tahun,” ujarnya.

Berdasarkan aturan, mengajukan evaluasi sebelum masa jabatan berakhir. Beberapa ASN termasuk jabatan Sekda. Namun dalam pelaksanaannya Iwan Asaad menolak untuk dievaluasi dan ada pernyataan untuk tidak bersedia lagi menjadi Sekda yang ditandatanganinya.

Diketahui jabatan Sekda Iwan Asaad akan berakhir pada 22 Oktober 2023, namun karena tidak mengikuti atau taat aturan sebagai ASN untuk dievaluasi sehingga di segerakan untuk diganti.

“Sekda saya ini hampir 5 tahun, yakni 4 tahun 9 bulan, sisa 3 bulan masa jabatan. Dimana berdasarkan aturan bahwa evaluasi jabatan dilakukan 3 bulan sebelum masa jabatan berakhir.” Bebernya.

Taufan juga klaim, apa yang diusulkan dan diputuskan tersebut sudah sesuai semua dengan aturan dan merupakan kebutuhan organisasi. Dan tindakan mengganti segera, merupakan rekomendasi dari tim dan hasil koordinasi dengan komisi aparatur sipil negara (KASN).

Wali Kota Parepare dua periode ini juga menyayangkan dan sesalkan sikap penolakan Iwan As’ad untuk mengikuti evaluasi. Padahal menurutnya sebagai ASN harusnya patuh pada aturan sesuai dengan sumpahnya.

“Andaikan Iwan Asaad mengikuti aturan (evaluasi) maka hanya dua keputusan yang dihasilkan, adalah jabatannya tidak diperpanjang yang berakhir pada 22 Oktober, atau diperpanjang setelah masa jabatan berakhir,” lanjutnya. (ki1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *