Bappeda Kota Parepare Menerima Tim Audit PSIG BIG

Koridor.id, PAREPARE — Tim Audit Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan audit kinerja pada PSKIG BIG Parepare.

Audit kinerja sekaligus Rapat Koordinasi Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah (SJIGD) ini berlangsung di ruang rapat Bappeda Kota Parepare, Rabu, 23 Agustus 2023.

Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun yang menerima Tim BIG mengatakan, Pemerintah Kota Parepare telah mendapatkan pendampingan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) Unhas pada 2021 dan 2022.

“Tim PSIG BIG telah berkunjung satu kali dan mengadakan pelatihan di Unhas Makassar pada tahun 2022 dan Tim PPIG Unhas yang intens membantu secara langsung,” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengemukakan, dalam penerapan dan pelaksanaan Simpul Jaringan ini dibutuhkan pengaturan kelembagaan, sumber daya manusia dan teknologi. Pemkot Parepare sejauh ini telah menetapkan Tim Pengelola Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kota parepare Tahun 2021-2025 berdasarkan SK Wali Kota Parepare Nomor 556 Tahun 2022. Ditambah Peraturan Wali Kota Kota Parepare Nomor 18 Tahun 2022 tentang Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kota Parepare. Saat ini Geoportal Kota Parepare dengan link website : https://geoportal.parepare kota.go.id.

“Sampai saat ini SKPD yang telah memiliki data spasial dalam bentuk shapefile sebanyak 17 SKPD dan sudah terupload dalam Geoportal Kota Parepare 576 Layer,” ungkap Zulkarnaen.

Zulkarnaen menekankan, hal-hal penting dalam pelaksanaan Simpul Jaringan yang perlu bimbingan dari BiG dan PPIG Unhas di antaranya data spasial dari SKPD masih banyak yang belum sesuai dengan standar KUGI. Kemudian SDM yang mengolah data spasial di SKPD masih terbatas, dan masih kurangnya komputer yang sesuai dengan spesifikasi. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *