Pemkot Parepare Lakukan Monev Sekolah Ramah Anak dan Rumah Ibadah Ramah Anak

Koridor.id, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare membentuk Tim Monitoring dan Pembinaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA).

Tim yang beranggotakan SKPD teknis ditambah Kementerian Agama Parepare, Forum Anak, Forum Generasi Berencana, HIPMI Pare, hingga NGO ini dikoordinir Bappeda Parepare selaku Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Parepare.

Tim bertugas melakukan monitoring dan evaluasi, pembinaan dan pendampingan ke sekolah-sekolah mulai jenjang SD, SMP dan SMA sederajat di Parepare terkait SRA dan RIRA.

Tim turun selama 11 hari, diawali hari pertama, Senin, 18 September 2023, di tiga sekolah masing-masing, SDN 5, SMPN 10, dan SMAN 1 Parepare.

Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang atas nama Plt Kepala Bappeda selaku Ketua Gugus Tugas KLA, Zulkarnaen Nasrun mengatakan, Monev Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA) merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Parepare dalam memastikan hak-hak anak di kedua fasilitas umum tersebut terpenuhi.

“Monev ini merupakan salah indikator yang menjadi pertanyaan dalam setiap evaluasi mandiri penilaian Kota Layak Anak. Pada hari pertama Monev tanggal 18 September 2023 ini mengunjungi tiga sekolah yaitu SDN 5, SMAN 1, dan SMPN 10 Parepare,” kata Dede di sela Monev.

Dalam Monev ini, hadir SKPD teknis yang membawahi kegiatan-kegiatan bersentuhan langsung kepada anak di sekolah dan rumah ibadah. Dinas Kesehatan terkait laik jajanan di sekolah, Dinas Ketahanan Pangan terkait tersedia tanaman toga maupun tanaman lainnya di sekolah, BPBD terkait sosialisasi mitigasi bencana di sekolah, Dinas Perpustakaan terkait standar perpustakaan yang sesuai SOP, Dinas Lingkungan Hidup terkait pemilahan sampah (basah dan kering), cara pengolahan, bak sampah dan berbagai hal terkait lingkungan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *