Kemenkes Kunjungi Posyandu Mekar Desa Mendatte Enrekang, Verifikasi Inovasi GISTA DM

Koridor.id, ENREKANG – Tim verifikasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama tim Kementerian Desa, Dinkes Prov Sulsel, TP PKK Sulsel turun ke Desa Mendatte Kec.Anggeraja Kab.Enrekang untuk melihat Potret Inovasi Posyandu “ Gista DM” (Gerakan Istana Sehat Desa Mendatte).

Adapun tim yang hadir untuk verifikasi lapangan terdiri dari empat orang, 3 dari Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, yaitu Sinansari SKM MKM, Marsha Anindita S.Ds dan Inriza Yuliandari SKM, selanjutnya tim dari Kementerian Desa Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan yaitu Winda Oktapisty, S.IP, M.Si. Minggu, 29 Oktober 2023.

Kehadiran tim bertujuan untuk memverifikasi Lapangan Kader dan Posyandu berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2023, ada beberapa kegiatan yang menjadi item verifikasi, diantaranya adalah dokumen Posyandu, alat dan sarana posyandu, alur pelayanan Posyandu, Inovasi Posyandu, peran Pemerintah Desa dan lintas sektor, dalam upaya memberikan Pelayanan Kesehatan dasar serta memverifikasi Inovasi kader dan petugas Puskesmas Kecamatan dalam memberi pelayanan langsung kepada masyarakat, baik ibu hamil, balita, remaja, usia produktif dan lansia di Desa Mendatte.

“Verifikasi dilakukan karena sebelumnya dilakukan Verifikasi Dokumen dan Inovasi Posyandu berprestasi secara daring via Zoom untuk semua Provinsi di Indonesia, Posyandu Mekar Desa Mendate yang mana Kasman sebagai kader sekaligus Inovator Posyandu berprestasi masuk 6 besar Posyandu berprestasi Tingkat Nasional yang akan didatangi Kementerian Kesehatan RI untuk diverifikasi Lapangan terkait Inovasi dan bagaimana Pelayanan Posyandu tersebut.” Ujar Winda Oktapisty.

Inovasi Gista DM (Gerakan Istana Sehat) di Posyandu Mekar Desa Mendatte bertujuan, menjadikan Posyandu sebagai Istana Sehat, yang mana Posyandu diharapkan mampu memberikan Pelayanan terbaik pada sasaran, sasaran diibaratkan sebagai raja yang nyaman untuk selalu hadir memantau, mendapatkan Pelayanan terpadu di Posyandu.

Kegiatan dalam Inovasi Gista DM ada lima kegiatan yaitu

1, Suplementery Feeding Babarebula adalah pemberian makanan tambahan dari pangan lokal untuk balita, remaja, dan lansia,

2. Healthy Gym Burela adalah kegiatan senam sehat untuk ibu hamil remaja dan lansia,

3. Lumbung Pitutur adalah kegiatan ini sebagai bentuk gerakan lintas sektor mengajar ( Dimana semua lintas sektor dapat memberikan edukasi, berbagi “pengalaman baik” kepada semua sasaran posyandu,

4. Gaplan Gerakan Pemanfaatan Pekarangan, kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat di wilayah posyandu mampu untuk memanfaatkan pekarangan untuk mendekatkan sayur di rumah, di Desa Mendatte dihimbau setiap rumah harus memiliki pohon kelor, dan ke

5. Adalah PHBS For Everything kegiatan ini adalah penguatan 10 pesan pokok PHBS guna meningkatkan Rumah tangga yang sehat berprilaku hidup bersih dan sehat, terutama mewujudkan penyediaan fasilitas Cuci tangan pakai sabun di setiap rumah- rumah warga di Desa Mendatte. Hasil dari Inovasi ini mampu menurunkan stunting serta Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi dan Diabetes Militus. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *