Pj Wali Kota Parepare Perkuat Kemitraan Sosial dalam Penanganan Bencana

Koridor.id, PAREPARE — Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali bersilaturahmi dengan para mitra Dinas Sosial (Dinsos) Kota Parepare, Kamis (18/1/2024).

Ini merupakan silaturahmi perdana yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Wali Kota dengan mitra Dinsos yang menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana dan sosial kemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

Akbar Ali pun merasa bangga dan terhormat bisa bertatap muka langsung dengan para relawan sosial yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Rehabilitasi Sosial (PRS), hingga Karang Taruna (KT).

Di hadapan para mitra Dinsos itu, Akbar Ali komitmen memberikan dukungan dan penguatan eksistensi dalam penanganan bencana dan sosial.

“Jadi mari kita satukan persepsi menangani bencana dan sosial. Kita bersinergi baik yang pro maupun kontra pemerintah untuk bersatu tangani masalah kebencanaan. Ingat saat ini kita harus siap siaga terhadap potensi bencana seperti longsor, banjir, dan angin kencang,” pinta Akbar Ali.

Bukti dukungan dan penguatan itu, Akbar Ali siap mengakomodir segala kebutuhan baik peralatan, fasilitas maupun peningkatan kapasitas SDM para mitra.

Silaturahmi ini dikemas interaktif, karena Akbar Ali menyempatkan berdialog dengan para mitra di antaranya dengan Koordinator Tagana Parepare, Minhajuddin Ahmad, perwakilan PKH dan TKSK.

“Berikan kami masukan supaya pemerintah tidak salah langkah. Perencanaan itu bagus kalau bottom up. Tadi keluhan mengenai kendaraan, saya tekankan semua kendaraan dinas pemerintah milik Tagana silakan digunakan. Jangan susah masalah kebutuhan kendaraan. Semua SKPD jadi Tagana kalau ada kebencanaan,” tegas Akbar Ali.

Akbar Ali menekankan, tidak akan membiarkan Tagana maupun mitra Dinsos lainnya berpikir sendiri dalam menangani bencana. “Kita berpikir bersama dalam masalah penanganan bencana,” imbuh Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri ini.

Plt Kepala Dinas Sosial Parepare, Dr Halwatia mengapresiasi kehadiran Pj Wali Kota bersilaturahmi dan menyentuh langsung mitra Dinsos untuk pertama kalinya.

“Melalui silaturahmi ini diharapkan Pj Wali Kota dapat memberikan perhatian lebih optimal kepada para mitra Dinas Sosial demi untuk penguatan eksistensi dan sinergitas dengan pemerintah dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Dan diharapkan dengan sinergitas yang semakin kuat, kita bersama-sama bisa mendukung 8 program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan, yang akan kita konkretkan di Kota Parepare,” harap Halwatia.

Turut mendampingi Pj Wali Kota dalam silaturahmi itu, para Staf Ahli, Asisten, jajaran Kepala SKPD di antaranya Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun, Kepala Dinsos Halwatia, Camat, dan pejabat terkait lainnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *