Meriahkan Hari Gizi Nasional, Pemkot Parepare dan Masyarakat Komitmen Tingkatkan Gizi Cegah Stunting

Koridor.id, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare turut menyemarakkan Hari Gizi Nasional ke-64, dipusatkan di Alun-alun Lapangan Andi Makkasau. Kamis, (25/1/24).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Noldy Yoseph Rengkuan di dampingi Kepala Dinas Kesehatan, Rahmawati mewakili Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali dalam menyampaikan sambutan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Noldy Yoseph Rengkuan menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam merayakan Hari Gizi Nasional yang ke-64.

“Menyambut peringatan Hari Gizi Nasional Indonesia, pembahasan yang kiranya tidak boleh kita kesampingkan tentang stunting. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa stunting merupakan kondisi ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya,” ujarnya.

Tinggi badan anak sebagai standar deviasi menentukan normal atau tidaknya pertumbuhannya.

“Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa stunting adalah kondisi ketika anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga tumbuh kembang mereka berbeda dengan teman-teman seusianya,” Bebernya.

Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap 25 Januari, merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju Indonesia Sehat melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, sehingga dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan.

Angka stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 21,6% (SSGI 2022) serta masih membutuhkan upaya yang lebih dalam mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14% berdasarkan data tersebut perlu menjadi perhatian khusus terhadap pentingnya pemenuhan gizi ibu sejak hamil, menyusui dan gizi pada balita (1000 HPK).

Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-64 di Kota Parepare diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk penyuluhan gizi, senam bersama dan Lomba Kreasi MP ASI Sehat dan Berbagi

Semua kegiatan tersebut dirancang untuk melibatkan masyarakat dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga melalui peringatan Hari Gizi Nasional ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi semakin meningkat, dan langkah-langkah preventif untuk menjaga kesehatan dapat diimplementasikan secara lebih luas di Kota Parepare. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *