Pemkot Parepare Rutinkan Pasar Murah Setiap Pekan Guna Kendalikan Inflasi

PAREPARE, koridor.id — Pemerintah Kota Parepare merespons cepat upaya menekan dan mengendalikan angka inflasi di Parepare. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar Pasar Murah rutin setiap pekan pada hari Minggu di lokasi car free day, Alun-alun Kota Lapangan Andi Makkasau.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Dinas Perdagangan Parepare berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Parepare, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Parepare, Perum Bulog Parepare, PPI, Wings Food dan Bagain Perekonomian Setdako Parepare.

Pasar Murah kembali digelar pada Minggu (22/1/2023) di lokasi car free day, mulai pukul 07.00-10.00 Wita.

Kepala Dinas Perdagangan Parepare, Prasetyo Catur mengatakan, kegiatan Pasar Murah ini adalah instruksi langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe untuk memastikan inflasi di Parepare, tetap selalu terkendali.

“Ada banyak komoditi utama yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau pada Pasar Murah ini seperti beras, minyak goreng, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, dan komoditas lainnya,” kata Prasetyo.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe di depan seluruh peserta Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia masih akan tumbuh positif di kisaran 4,7-5,3 persen pada 2023.

“Saya juga mengingatkan, sebagaimana arahan Bapak Presiden, kepada seluruh kepala daerah agar mengoptimalkan belanja pusat dan daerah, serta berupaya meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri,” ungkap Taufan Pawe (TP).

Wali Kota dua periode yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini mengimbau kepada kepala daerah untuk selalu waspada inflasi karena terdapat 23 provinsi dengan tingkat inflasi di atas nasional pada Desember 2022 lalu.

“Upaya penanganan inflasi harus dilakukan secara bersama-sama baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat maupun daerah. Kami menugaskan Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk terus memantau harga serta menjaga ketersediaan barang,” tandas Kepala Daerah peraih ratusan penghargaan nasional ini. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *