Investor Bioskop Lirik Parepare

PAREPARE, koridor.id – Dunia perfilman kembali mencuat di Kota Parepare, setelah tak ada lagi tontonan bioskop beberapa tahun ini. Kini ada investor melirik kota cinta Habibie Ainun ini.

Di tengah pesatnya perkembangan kota dan menggeliatnya industri perfilman nasional dan lokal, bioskop diprediksi akan kembali hadir di kota ini. Informasi yang dihimpun, sudah ada pengusaha yang siap menjadi calon investor bioskop ini, Sineas Nasional.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Salah satu pengusaha muda yang memfasilitasi gagasan ini, Ibra La Iman mengatakan, dirinya pernah dihubungi salah satu pengusaha bioskop yang telah melebarkan sayap di Kota Palopo dan Kabupaten Bone dan Sengkang Kabupaten Wajo. Menurutnya Kota Parepare memiliki potensi perkembangan hiburan perfilman.

“Sementara dijajaki dan perencanaan bisnisnya sedang disusun. Kita sudah ajak calon investornya untuk survei lokasinya,” kata pengurus HIPMI Parepare ini.

Pengusaha tersebut, lanjut Ibrah, menginginkan bioskop berkapasitas 3 layar, dengan kualitas setara dengan bioskop di Kota Makassar.

Menghadirkan kembali bioskop di Parepare, merupakan tantangan tersendiri. Banyak hal yang harus diselesaikan. Mulai dari perizinan hingga keberlanjutan bisnisnya. Sehingga kata dia, mewujudkan bioskop ini butuh waktu.

“Saat ini Parepare satu-satunya kota di Sulsel yang belum punya bioskop. Padahal pernah ada, Bioskop Ras, Surya, Benten dan Pare Teater, serta Teater Sejahtera,” ujarnya.

Ia berharap bioskop ini menjawab aspirasi masyarakat Parepare dan sekitarnya yang telah lama menyuarakan keinginan ini.

Dengan hadirnya kembali bioskop di Parepare, warga Parepare dan Ajatappareng, tidak perlu jauh ke Makassar atau ke Sengkang untuk menonton film terbaru. “Ini juga tentu mendukung teori telapak kaki yang diusung pak Wali Kota, dengan mengupayakan sebanyak-banyaknya orang berkunjung di Parepare,” papar Ibrah.

Sineas: Peluang Industri Bioskop Besar Sekali
Menggarap industri bioskop memang bukan perkara gampang. Namun peluang bisnisnya masih sangat besar. Apalagi pasca pandemi, animo masyarakat untuk nonton bioskop kembali meningkat pesat.

Sineas nasional asal Sulsel, Ichwan Persada menyampaikan supportnya atas rencana menghadirkan kembali bioskop di Kota Parepare.

Produser film “Silariang: Cinta Yang (Tak) Direstui” ini mengatakan, Kalau melihat data persebaran bioskop, jumlah layar dan jumlah penduduk, peluangnya masih besar sekali.

“Idealnya memang kita punya minimal 5000 layar, sekarang ini 3000 layar pun belum tercapai,” ungkapnya belum lama ini.

Ichwan, yang telah memproduseri sembilan film, menegaskan bahwa semakin banyak bioskop di daerah akan mendorong tumbuhnya industri film tanah air.

“Dari perspektif industri film nasional, semakin banyak bioskop terutama di daerah akan lebih mendorong tumbuhnya industri. Tahun ini saja dengan 90 juta lembar tiket terjual, 54 juta diantaranya diperoleh film Indonesia. Artinya kita sudah jadi tuan rumah di bioskop negeri sendiri,” urainya.

Sehingga ia meyakini dengan hadirnya kembali bioskop di Kota Parepare, akan berdampak besar pada perputaran ekonomi kota. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *