Wisuda Umpar Parepare, Wali Kota Parepare Harap Kelahiran Kualitas SDM Berpenalaman

Wali Kota Parepare Selamati Wisudawan UM Parepare, Dorong Berkontribusi Bagi Pembangunan 

PAREPARE, koridor.id — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe diwakili oleh Asisten III Setdako Parepare, Eko W Ariadi menghadiri Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Wisuda Sarjana dan Program Magister Universitas Muhammadiyah Parepare Angkatan 30 di Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, Rabu (24/5/2023).

Eko yang membacakan sambutan Wali Kota mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah berhasil menempuh program sarjana dan magister di Universitas Muhammadiyah Parepare.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Parepare, saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Wisuda ke-35 UMPAR. Semoga momentum wisuda ini semakin membangkitkan tekad dan semangat sivitas akademika dan para lulusan UMPAR untuk memberikan bakti terbaik bagi almamater, masyarakat, dan Kota Parepare,” kata Eko atas nama Wali Kota.

Eko mengungkapkan bahwa Taufan Pawe selaku pimpinan daerah berharap agar para wisudawan yang dikukuhkan pada hari ini dapat menjadi generasi-generasi baru yang peduli terhadap pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

Pemerintah Kota Parepare, kata dia, akan terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, berdaya saing, serta memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang hidup dalam kemuliaan akhlak dan berpengetahuan yang luas. Termasuk menghadirkan pendidikan yang melahirkan SDM dengan keterampilan khusus dan sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.

Eko mengemukakan, bahwa pendidikan diarahkan untuk membentuk Generasi Emas. Dalam upaya mewujudkan Generasi Emas ini, maka yang perlu dilakukan adalah pembangunan karakter dan pendidikan karakter. Hal ini menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun. Sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya.

“Indonesia emas yang tinggal 22 tahun lagi adalah masa depan dan kesempatan saudara. Karena itu untuk menyiapkan diri tidak ada pilihan lain, kalian harus ambil bagian dalam pembangunan Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, para wisudawan harus menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa dapat diasosiasikan dengan bagaimana para lulusan universitas mengambil peran strategisnya dalam bentuk produktivitas dan semangat untuk kemajuan dan eksistensi bangsanya,” pesan Eko.

Olehnya itu, lanjutnya, mulai dari sekarang harus dipersiapkan generasi emas tersebut melalui pendidikan berkarakter. Pendidikan berkarakter tersebut dapat dimulai penanaman jiwa nasionalisme dan kegiatan yang dilakukan pada merupakan salah satu upaya mempersiapkan generasi emas tersebut.

“Pemerintah Kota Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Parepare yang telah berhasil mencetak sarjana dan magister dan kepada para wisudawan sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang dicapai. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari kontribusi terhadap pembangunan daerah, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia,” tandas Eko mengakhiri sambutan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *