Hari Guru Nasional, Akbar Ali: Lanjutkan Merdeka Belajar

Koridor.id, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 dengan menggelar upacara bendera di Lapangan Binalipu, Parepare, Sabtu (25/11/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali bertindak sebagai inspektur upacara, dan dihadiri oleh Forkopimda Parepare, Wakil Ketua DPRD Tasming Hamid, Sekda Muh Husni Syam, Staf Ahli, Asisten, para Kepala SKPD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus Ketua PGRI Parepare HM Makmur, para guru se-Parepare, serta para stakeholder pendidikan.

Tema peringatan HGN 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.

Pada kesempatan itu, Akbar Ali membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Akbar Ali mengucapkan selamat Hari Guru 2023. Dia optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Keyakinan tersebut tumbuh dari hal-hal yang dicapai dari empat tahun terakhir.

Tahun pertama Merdeka Belajar dilakukan Asesmen Nasional agar semua fokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

“Selanjutnya diterapkan Kurikulum Merdeka yang memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan. Kurikulum merdeka ditunggu para guru karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pemahaman yang mendalam, tapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid,” ungkap Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

“Selanjutnya terobosan Guru Penggerak dengan tujuan untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, pengawas yang mampu memimpin perubahan nyata,” tegas Akbar Ali.

“Mari kita rayakan Hari Guru dengan terus melaju ke depan dengan gerak langkah serentak melanjutkan Merdeka Belajar. Selamat Hari Guru,” tandas Akbar Ali. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *