KPPN Parepare Gandeng Damkar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Koridor.id, PAREPARE – Satu dari tujuh mitigasi risiko kinerja KPPN Parepare adalah penanggulangan kebakaran. Dalam rangka mencegah adanya risiko tersebut, KPPN mengadakan simulasi penanggulangan kebakaran bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Parepare.

Berlangsung di halaman KPPN Parepare, Jumat 24 November 2023, dibuka Plh Kepala KPPN Parepare Akbar, dan dihadiri sejumlah pejabat dan staf dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta seluruh Pejabat dan pegawai KPPN.

Bacaan Lainnya

Akbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mengantisipasi risiko yang bisa saja terjadi dalam lingkungan kerja. Oleh karenanya, seluruh pegawai diharapkan dapat mengetahui cara-cara efektif mencegah dan memadamkan kebakaran.

“kita tidak pernah minta-minta terjadi kebakaran, tapi mitigasi harus kita jalankan guna antisipasi lebih lanjut”, ujarnya.

Sementara itu, Agus Mawardi Pejabat Dinas Kebakaran memberikan pengenalan tentang tugas yang menantang dari institusinya. Sejak 2017 Dinas Damkar diberikan tugas tambahan yakni penyelamatan.

Penyelamatan ini dapat diartikan secara luas seperti penyelamatan atau evakuasi hewan, ular, lebah, atau hewan peliharaan masyarakat, bahkan sampai rujukan bagi warga yang memakai cincin yang tidak bisa terbuka di jarinya. Pemadam kebakaran dan Penyelamatan mendapat laporan dan menjadi rujukan.

“Alhamdulillah sudah beberapa kali cincin terbuka dan jari warga terselamatkan” kata Agus Mawardi.

Selanjutnya, Simulasi Penanggulangan Kebakaran dilakukan oleh para pegawai KPPN. Setelah dipaparkan dan dipandu bagaimana cara memadamkan api, pegawai KPPN berurutan melakukan simulasi langsung. Ada yang memadamkan api dengan menggunakan karung goni yang dibasahi air, dan ada yang menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher.

Alat ini berbentuk tabung berukuran 3 kilo, 2 kilo atau 1 kilo guna mengendalikan api kecil dalam rumah tangga. APAR merupakan alat pemadam kebakaran dengan tekanan tinggi yang bagus disiapkan dalam setiap rumah dan kendaraan guna mitigasi risiko. (des/ki1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *