Dialog Interaktif Menyongsong Pemilu dan Pilkada, Mewujudkan Demokrasi Berdaulat

Koridor.id, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare menggelar Forum Silaturahmi sekaligus Dialog Interaktif menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mengusung tema ”Mewujudkan Demokrasi Berdaulat”.

Forum Silaturahmi dihadiri langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali bersama jajaran lengkap Forkopimda Parepare, di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Rabu (27/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Hadir Sekda Kota Parepare, Muh Husni Syam, lengkap bersama jajaran Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Kabag, Camat, dan para pejabat lingkup Pemkot Parepare.

Forum turut dihadiri KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, Ormas, organisasi kepemudaan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Pembauran Kebangsaan, dan para pimpinan partai politik.

Di dalam forum, Pj Wali Kota Akbar Ali mengatakan, dialog interaktif ini merupakan kesempatan emas untuk saling bertukar pikiran, menyuarakan pendapat, dan memahami berbagai perspektif yang ada di tengah masyarakat. Demokrasi yang berdaulat, kata dia, memerlukan keterlibatan aktif dari seluruh elemen masyarakat, sehingga setiap keputusan yang dihasilkan dapat mencerminkan kepentingan bersama.

Akbar Ali mengemukakan, dialog interaktif ini menjadi wadah yang sangat berharga untuk mendengarkan aspirasi, harapan, dan masukan dari berbagai elemen masyarakat. Dia berkeyakinan, partisipasi aktif semua elemen masyarakat akan menjadi pondasi kuat bagi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang berkualitas dan demokratis.

“Melalui dialog yang terbuka dan saling mendengarkan, kita dapat menciptakan pemahaman bersama, mengatasi perbedaan, serta membangun konsensus untuk kepentingan bersama. Karena demokrasi yang berdaulat memerlukan keterlibatan aktif dari seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh peserta untuk berkomunikasi dengan bijak, saling menghormati, dan menjaga suasana yang kondusif,” pinta Akbar Ali.

Akbar Ali mengingatkan, Pemilu dan Pilkada adalah cermin demokrasi. Karena itu, dia mengajak untuk menjaga proses demokrasi ini agar berjalan dengan transparan, adil, dan bebas dari segala bentuk intimidasi.

“Saya meyakini, dengan partisipasi aktif masyarakat dan sinergi antara pemerintah dan rakyat, kita akan mampu menciptakan pesta demokrasi yang bermartabat dan memberikan hasil yang terbaik bagi kemajuan daerah kita,” tegas doktor ilmu politik pemerintahan ini.

Selaku Pj Wali Kota, Akbar Ali berkomitmen untuk mendukung setiap langkah yang membawa Parepare menuju masyarakat yang lebih partisipatif dan demokratis.

“Saya percaya, dengan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan elemen elemen lainnya, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan demokrasi yang sehat dan kuat,” tandas Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri ini. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *