Pj Bupati Enrekang Ikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Koridor.id, ENREKANG — Penjabat Bupati Enrekang DR H Baba SE MM menghadiri kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, dirangkai simulasi Sistem Informari Rekapitulasi (SIREKAP).

Acara ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, di Lapangan Abubakar Lambogo Batili, Rabu 27 Desember 2023.

Simulasi ini dihadiri Plh Ketua KPU, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala PN, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP Damkar & Penyelamatan, Karutan Kelas II B, dan Ketua Bawaslu beserta jajaran komisioner, serta sejumlah mantan komisioner KPU yang masa jabatannya baru berakhir.

Plh Ketua KPU Enrekang Supi Hastati mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

Simulasi ini dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang. Simulasi ini melibatkan petugas KPU, TNI-Polri dan masyarakat.

Dalam simulasi tersebut, petugas KPU menjelaskan tata cara pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap. Petugas TNI-Polri juga memberikan pengamanan selama simulasi berlangsung.

“Kita ingin meningkatkan dan menyelaraskan pemahaman bersama utamanya KPPS, meminimalisir suara tidak sah dan pemungutan suara ulang (PSU),” jelasnya.

Pj Bupati menegaskan, simulasi ini penting sebagai langkah awal untuk melihat bagaimana proses pemungutan dan penghitungan suara, dimana saja kekurangan dan kendala yang ditemui sepanjang tahapannya.

“Apa yang jadi kendala, dapat langsung kita benahi disini,” kata Pj Bupati.

H Baba meminta KPU melakukan evaluasi secara kontiniu, agar pada hari H pelaksanaan nanti sudah benar benar sempirna.

Pj Bupati juga kembali menekankan pentingnya memastikan netralitas ASN, TNI-Polri dan profesionalitas penyelenggara. H Baba juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024, dengan menggunakan hak pilihnya dengan bijak. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *