Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Parepare Kembali Digelar

Koridor.id, PAREPARE — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Parepare kembali digelar tahun ini. Pembukaan dilakukan resmi oleh Asisten I Setdako Parepare, Dede Harirustaman mewakili Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali di Barugae Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (21/2/2024).

Sekaligus ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari Camat Ujung Muhammad Yusuf Azis kepada Asisten I Dede Harirustaman untuk kembali diperebutkan dalam ajang MTQ tahun ini. Kecamatan Ujung adalah juara umum MTQ edisi tahun lalu.

MTQ kali ini mempertandingkan lima cabang lomba, yakni seni baca Alquran Tilawah, qiraat Alquran murattal, Hifdz Alquran, tafsir Alquran dan kaligrafi.

“Melalui kompetisi tilawah ini, kita berusaha untuk membentuk generasi Qurani yang hafal, memahami, dan mengamalkan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dede Harirustaman saat membuka MTQ.

Dede berharap MTQ tidak hanya mengejar prestasi dan keunggulan secara individu. Tetapi juga memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama umat.

“Semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam mempelajari Alquran adalah inti dari pesan yang ingin disampaikan oleh acara MTQ ini. Mari jadikan momen ini sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan,” harap Dede.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Parepare, Muhammad Islah menambahkan, MTQ digelar di Masjid Besar Al-Irsyad dan Masjid Al-Azhar Islamic Centre pada 21-23 Februari 2024.

MTQ diikuti oleh peserta perwakilan dari empat Kecamatan di Parepare. “MTQ ini memperebutkan piala bergilir yang tahun lalu diraih Kecamatan Ujung sebagai juara bertahan,” kata Islah.

Sementara Camat Ujung Muh Yusuf Azis menyatakan, Kecamatan Ujung siap mempertahankan gelar juara umum yang diraih tahun lalu. “Insya Allah kontingen Kecamatan Ujung siap berkompetisi pada MTQ tahun ini, dan mempertahankan kembali juara umum,” tandas Yusuf Azis. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *