SKPD Pemkot Parepare Berkolaborasi Bersihkan Lokasi Warga Berdampak Banjir

PAREPARE, koridor.id – Seruan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe agar setiap ASN turun membantu masyarakat terdampak bencana banjir, disikapi cepat seluruh SKPD lingkup Pemkot Parepare.

Selasa (7/2/2023), kolaborasi antar SKPD turun membersihkan lokasi terdampak banjir termasuk pemukiman warga khususnya di titik terparah yakni Tengah Galung (Tegal), Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Parepare.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

SKPD bahu membahu membersihkan lokasi hingga mendirikan tenda darurat sementara. Para ASN turun dengan membawa peralatan kebersihan seperti sekop, kantong sampah, cangkul, dan lainnya mengangkut dan membersihkan sampah di lokasi.

Beberapa SKPD yang turun di lokasi ini antara lain, Bappeda, BKPSDMD, Dinas PPKB, Dinas Perkimtan, Badan Kesbangpol, Dinas PMPTSP, Sekretariat DPRD, Dinas P2A, dan lainnya.

Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, ini merupakan gerakan kolaborasi antar SKPD menindaklanjuti instruksi Wali Kota agar setiap SKPD bergerak masif menangani dampak bencana dan membantu masyarakat terdampak.

“Bappeda dan beberapa SKPD turun membantu warga melakukan upaya pembersihan dan pembenahan di lokasi bencana Tegal, Lapadde. Semoga dapat membantu warga dengan baik, secepatnya proses recovery, dan Parepare pulih kembali,” harap Samsuddin Taha yang juga Plt Kepala Dinas PUPR Parepare.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang turun kembali memantau lokasi terdampak banjir di Tegal Rabu (8/2/2023), mengaku sudah ada perkembangan lebih baik di lokasi.

Secara khusus, Taufan Pawe mengapresiasi gerak cepat jajaran ASN yang turun membantu warga membersihkan lokasi dan permukiman terdampak banjir.

“Kami memang kerahkan semua ASN kami yang ada di semua instansi untuk bahu-membahu bergerak secara masif melakukan pembersihan pemukiman warga yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor. Bahkan bantuan dari TNI dan Polri juga memberikan dampak baik,” ungkap Taufan Pawe saat berada di lokasi.

Taufan Pawe meminta setiap SKPD tetap menyalurkan bantuan secara bertahap kepada masyarakat terdampak khususnya kebutuhan mendasar seperti makanan dan pakaian serta air bersih.

“Bantuan juga secara masif kita salurkan bahkan kita terus salurkan setiap bantuan yang masuk. Bukan hanya itu beberapa bantuan dari masyarakat atau komunitas lain juga. Karena memang bencana ini tidak bisa ditangani sendiri, semua pihak harus ikut berkolaborasi,” tandas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini. (*)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *