Daftar di PAN, TSM Rancang Koalisi Gemuk di Pilwalkot Parepare

Tasming Hamid didampingi tim pemenangan mendaftar di PAN diterima langsung Ketua PAN Parepare Musdalifa Pawe bersama jajarannya.

PAREPARE, koridor.id – Bakal calon (Balon) Wali Kota Parepare Tasming Hamid (TSM) merancang koalisi besar pada pemilihan wali kota (Pilwalkot) Parepare 2024 ini.

Politisi NasDem ini setelah resmi mengantongi tiket partainya, NasDem 3 kursi, semakin gencar menjajaki koalisi dengan partai lainnya. Setidaknya sudah ada 6 partai yang telah diincarnya melalui pendaftaran bakal calon usungan wali kota. Partai itu diantaranya, PKS, PAN, Demokrat, PKB, Hanura dan PDIP.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Juru Bicara Tasming Hamid, Fuad Ukkas mengatakan, pendaftaran ke partai yang membuka pendaftaran merupakan ikhtiar TSM untuk bisa mencukupkan kendaraannya.

Sebagai mana yang diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota perlu, maka dibutuhkan minimal 5 kursi atau 20 persen dari 25 kursi DPRD Kota parepare.

“Kursi NasDem 3 kursi, jadi masih butuh minimal 2 kursi lagi,” ujarnya.

“Tapi kita lg mengupayakan koalisi besar dengan mengajak semua partai yang membuka ruang untuk berkoalisi dan memiliki visi yang sama untuk membangun Parepare,” tambahnya.

Prinsipnya semakin besar koalisi, semakin besar pula legitimasi dan dukungan untuk maju sebagai calon Wali kota. Mengingat parpol merepresentasikan kader dan konstituennya.

Ditanya soal partai yang pasti bergabung, Fuad menyampaikan bahwa semuanya masih dalam tahap penjajakan, sebab hingga saat ini partai memang belum mengumumkan hasil dari pendaftaran kandidat.

Namun kami yakin mayoritas partai akan bergabung dengan kami, sebab tingkat popularitas dan elektabilitas yang dimiliki Tasming Hamid sangat mumpuni. Beliau dikenal dekat dengan masyarakat.

Itu terbukti dengan capaian pada pileg 2024 kemarin, dimana TSM mendapatkan suara 42 ribu untuk dapil Sulsel 6, khusus Parepare sebanyak 38 ribu. Dua kali maju DPRD Parepare juga sebelumnya memperlihatkan animo masyarakat yang tinggi dimana selalu mendapatkan suara tertinggi pada pileg 2014 dan 2019.

“Setidaknya, pencapaian luar biasa TSM di Pileg lalu serta hasil survei sebagai balon wali kota merupakan kredit poin untuk meyakinkan para pimpinan partai untuk mengusung TSM,” yakinnya. (Ki)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *